Selasa, 26 Mei 2015

Quidditch LIVE




Siapa yang tidak tahu olahraga Quidditch. Hampir seluruh khalayak mengenal olah raga fiktif ini terutama para potterhead, sebutan bagi para fans serial fiktif Harry Potter. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang ditampilkan dalam film harry potter. Di dalam film itu Quidditch merupakan olahraga yang paling bergengsi, dibuktikan bahwa olahraga ini hampir muncul ditiap serial film harry potter. Bahkan pada serial “Harry Potter and the goblet of fire”, the golden trio (harry, ron dan hermionie) nampak menghadiri perkemahan piala dunia Quidditch bersama keluarga weasley. Pada serial ini nampaklah bahwa olahraga ini merupakan olahraga yang bergengsi dalam novel buatan JK. Rowling ini, setara dengan olahraga bola.
Bisa dibayangkan bahwa permainan ini  memiliki konsep yang merupakan perpaduan antara olahraga sepak bola, baseball, dan bola basket. Yang berbeda adalah jumlah pemain, jumlah bola, permainan ini dimainkan dengan tangan, aturan permainannya dan tentunya yang mencolok dari olahraga ini adalah sapu terbangnya. Yup! Dalam olahraga ini pemain diwajibkan menggunakan sapu terbang. Jumlah total pemain yang dibutuhkan tiap tim adalah tujuh orang. Dengan satu orang keeper yang bertugas menjaga tiga gawang yang berbentuk lingkaran seperti ring bola basket, dua beater yang bertugas menjaga para pemain dari bludger dengan cara memukulnya dengan tongkat sejenis tongkat baseball, tiga chaser yang bertugas mencetak gol dengan cara memasukkan bola quaffel ke gawang lawan, dan yang terakhir adalah seeker yang bertugas menangkap golden snitch. Dalam serial harry potter permainan ini memerlukan tiga buah bola, yaitu bludger, quaffel dan golden snitch.
Siapa yang menyangka ternyata olahraga ini tidak hanya terkenal didalam serial novel fantasi tersebut. Saat ini olahraga ini telah dimainkan dibeberapa bagian di negara barat tentunya didunia nyata, jadi untuk memainkan olahraga ini bukanlah sekedar mimpi belaka. Bahkan olahraga ini telah memiliki turnamen tersendiri didunia nyata. Alex Benepe dan Xander Masnhel yang merupakan pendiri turnamen ini pada tahun 2005 silam mengungkapkan bahwa turnamen ini memang terinspirasi dari serial novel Harry Potter dan mereka telah merangcang selama satu dekade untuk membentuk “International Quidditch Assosiation (IQA)”.
Pada permainan didunia nyata ini, pemain tetap wajib menaiki sapu terbang namun mereka menaikinya sambil berlari, bukan terbang. Aturan permainannya sama dengan pada serial harry potter, bludger dan golden snitch tetap ada dengan golden snitch tetap sebagai penentu skor dengan jumlah skor 150 point.
Saking terkenalnya, olahraga ini telah dibuatkan film dokumenter dengan judul “MUDBLOODS: a Film About Quidditch”. Film yang rilis 1 oktober ini bercerita tentang tim UCLA Quidditch yang bertarung di ajang piala dunia Quidditch ke-5 di New York City. Olahraga ini juga memiliki klub-klub dan kejuaraannya. Sejauh ini memang telah banyak klub-klub atau tim-tim Quidditch yang tersebar di negara barat. Ditambah lagi permainan ini memiliki daya tarik yang berbeda dari olahraga lainnya dan berasal dari dunia fiksi. Namun meski begitu olahraga ini telah berkembang dengan amat pesat. Bahkan tidak menutup kemungkinan permainan ini akan dimainkan oleh seluruh negara di dunia dan mampu menyaingi kepopuleran olahraga sepak bola. Boleh jadi dua atau tiga tahun mendatang permainan ini pun akan tiba dinegara kita. Jadi, bersiaplah untuk memainkan olahraga dari negri sihir buatan JK. Rowling ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar